STANDAR PELAYANAN
PADA BALAI LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT BANJARNEGARA
1. Standar Pelayanan Pemeriksaan dan Pengujian di Instalasi Mikrobiologi dan Biomolekuler
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Sudah melakukan proses pendaftaran |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan pemeriksaan/pengujian kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)
- Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan
- Pemeriksaan sampel
- Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan
|
3 |
Waktu pelayanan |
Pemeriksaan/pengujian metode biomolekuler (Leptospirosis, Dengue, Covid-19, Malaria, Filaria, Japanese enchepalitis, Rickettsia): 4-7 hari |
4 |
Biaya/tarif |
Sesuai Tarif PNBP |
5 |
Produk pelayanan |
Laporan Hasil Uji |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
2. Standar Pelayanan Uji Silang/Uji Banding di Instalasi Mikrobiologi dan Biomolekuler
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Sudah melakukan proses pendaftaran |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Pelanggan mengirimkan surat permintaan uji silang/uji bandingditujukan kepada Kepala Balai Labkesmas Banjarnegara.
- Kepala Balai membuat disposisi untuk melakukan pelayanan uji silang/uji banding.
- Kepala Instalasi berkoordinasi dengan pelanggan tentang protokol teknis pemeriksaan/pengujian.
- Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan
- Petugas layanan pelanggan menyerahkan sampel dan nomor sampel kepada kepala instalasi
- Kepala Instalasi menyerahkan sampel dan protokol pemeriksaan/pengujian yang telah disepakati dengan pelanggan kepada penguji
- Proses pemeriksaan
- Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan
|
3 |
Waktu pelayanan |
Pemeriksaan/pengujian metode biomolekuler (Leptospirosis, Dengue, Covid-19, Malaria, Filaria, Japanese enchepalitis, Rickettsia): 4-7 hari |
4 |
Biaya/tarif |
Sesuai Tarif PNBP |
5 |
Produk pelayanan |
Laporan Hasil Uji |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
3. Standar Pelayanan Pemeriksaan di Instalasi Kesehatan Lingkungan, Vektor, dan Binatang Pembawa Penyakit
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Sudah melakukan proses pendaftaran |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan pemeriksaan/pengujian kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)
- Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan
- Pemeriksaan sampel
- Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan
|
3 |
Waktu pelayanan |
- Identifikasi vektor dan binatang pembawa penyakit (larva nyamuk, nyamuk dewasa, tikus, pinjal, lalat): 7 hari
- Uji kerentanan vektor terhadap insektisida (WHO impregnated paper, CDC bottle): 7 hari
- Pemeriksaan vektor malaria dan filaria secara mikroskopis: 7 hari
- Pembedahan ovarium nyamuk: 7 hari
|
4 |
Biaya/tarif |
Sesuai Tarif PNBP |
5 |
Produk pelayanan |
Laporan Hasil Uji |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
4. Standar Pelayanan di Instalasi Patologi Klinik dan Imunologi
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Sudah melakukan proses pendaftaran |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan pengujian kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)
- Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan
- Proses pemeriksaan
- Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan
|
3 |
Waktu pelayanan |
- Identifikasi parasit secara mikroskopis (filaria, malaria, kecacingan): 7 hari
- Pemeriksaan hemoglobin secara serologis atau RDT Hematologi: 4 jam
- Pemeriksaan urin lengkap: 4 jam
- Pemeriksaan golongan darah: 4 jam
- Pemeriksaan darah rutin dengan Hematology Analyzer: 4 jam
- Pemeriksaan gula darah secara RDT: 2 jam
- Pemeriksaan leptospirosis secara RDT: 2 jam
- Pemeriksaan DBD secara RDT: 2 jam
- Pemeriksaan malaria secara RDT: 2 jam
|
4 |
Biaya/tarif |
Sesuai Tarif PNBP |
5 |
Produk pelayanan |
Laporan Hasil Uji |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
5. Standar Pelayanan di Instalasi Sarana dan Prasarana, Kalibrasi, dan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Sudah melakukan pendaftaran dan menyiapkan dokumen pendukung. |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan layanana kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)
- Pelanggan menyerahkan dokumen permintaan layanan kepada petugas layanan pelanggan
- Layanan Pelanggan dan tim instalasi melakukan kaji ulang permintaan layanan
- Proses layanan kepada pelanggan
- Petugas layanan pelanggan mengirim surat keterangan kepada pelanggan
|
3 |
Waktu pelayanan |
Pendampingan Teknis/magang : 1-3 hari |
4 |
Biaya/tarif |
Sesuai Tarif PNBP |
5 |
Produk pelayanan |
Rancangan model/metode/hasil magang |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
6. Standar Pelayanan Jasa Penggunaan Sarana Dan Prasarana Gedung Multimedia
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Pelanggan telah mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Balai |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Surat permohonan dikirimkan ke Kepala Balai Labkesmas
- Disposisi Kepala Balai ke Kasubbag adum untuk memberikan layanan
- Proses jasa penggunaan sarana dan prasarana
- Pelanggan membayar biaya layanan
|
3 |
Waktu pelayanan |
Tentative |
4 |
Biaya/tarif |
Sesuai Tarif PNBP |
5 |
Produk pelayanan |
Layanan jasa penggunaan sarana dan prasarana Gedung Multimedia |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
7. Standar Pelayanan Latihan Kerja
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Pelanggan telah mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Balai |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Pelanggan mengirimkan surat permohonan ke Kepala Balai Labkesmas
- Pelanggan menerima dan menyetujui jadwal magang, estimasi biaya dan prosedur pembayaran
- Pelanggan mendapatkan pelayanan
- Pelanggan memperoleh surat keterangan
|
3 |
Waktu pelayanan |
Tentative |
4 |
Biaya/tarif |
Sesuai tarif PNBP |
5 |
Produk pelayanan |
Layanan Latihan kerja |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
8. Standar Pelayanan Surveilans berupa Layanan Deteksi Dini, Respon Kejadian Penyakit dan Faktor Risiko Peningkatan Kasus Penyakit
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Pelanggan telah mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Balai |
2 |
Prosedur Pelayanan |
- Issue dari masyarakat dan media massa yang meresahkan tentang KLB
- Surat permohonan dikirimkan ke Kepala Balai Labkesmas
- Surat balasan dikirimkan dari pemohon
- Pelaksanaan survei KLB
- Pengujian laboratorium hasil survei
- Penyerahan laporan hasil survei kepada pemohon
|
3 |
Waktu pelayanan |
Pengambilan sampel 4 hariPengujian tergantung jenis dan jumlah sampel uji |
4 |
Biaya/tarif |
Berkenaan dengan layanan surveilans tidak dikenakan tarif PNBP termasuk dalam pemeriksaan laboratorium yang dilakukan |
5 |
Produk pelayanan |
Laporan dan rekomendasi |
6 |
Pengelolaan pengaduan |
- Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id
- Telp: (0286) 5949723.
- Fax : (0286) 594972
- SP4N LAPOR (lapor.go.id)
- link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan
|
Standar Pelayanan dapat di unduh di sini:
Standar Pelayanan Balai Labkesmas Banjarnegara